Jumat, 08 Juli 2022

PELAJARAN 10 PAI KELAS 1 SD SEMESTER II

 PELAJARAN 10 PERILAKU TERPUJI


A. BERKATA YANG BAIK

Allah perintahkan kita berkata baik, sopan, dan santun. Berkata yang baik adalah perilaku terpuji.


SIKAPKU

Aku selalu berkata baik, sopan, dan santun.

AYO BERLATIH

Contohkan minta izin ke luar kelas dengan santun


B. HORMAT DAN PATUH

Ayah dan ibu adalah orang tua kita. Kita harus patuh dan hormat kepadanya. Hormat dan patuh adalah perilaku terpuji.


SIKAPKU

Aku selalu patuh pada orang tua.

AYO BERLATIH

Contohkan cara minta izin pergi ke sekolah kepada orang tua

SIKAPKU

Aku selalu hormat kepada guru. 

AYO BERLATIH

Peragakan sikap sopan kepada guru 


C. BERSYUKUR

Bersyukur kepada Allah Swt. mengucapkan alhamdulillãh dan beramal baik setiap saat. itulah perilaku terpuji.

SIKAPKU

Aku selalu mengucapkan alhamdulillãh.

AYO BERLATIH

1. Ucapan hamdalah adalah.... 

2. Bersedekah adalah tanda bersyukur kepada.... 

3. Apabila mendapat nikmat kita ucapkan.... 

4. Bersyukur dengan cara beramal....


D. PEMAAF

Nabi Muhammad saw. teladan kita. Ia pemaaf kepada semua umat manusia. Pemaaf adalah perilaku terpuji.

Bila orang lain berbuat salah, kita harus memaafkan.

SIKAPKU

Aku selalu minta maaf. aku memaafkan orang lain kalau mereka salah.

AYO KERJAKAN

Contohkan cara minta maaf kepada temanmu

TUGAS

Ceritakan pengalamanmu tentang sikap pemaaf


E. JUJUR

Anak jujur disayang oleh Allah Swt. disukai orang tua, guru, dan teman.

Menjawab pertanyaan guru dengan jujur.

SIKAPKU

 Aku selalu berkata jujur.

AYO KERJAKAN

Sebutkan manfaat berbuat jujur Ceritakan temanmu yang berbuat jujur


F. PERCAYA DIRI

Anak yang percaya diri yakin pada kemampuan dirinya.

SIKAPKU

Aku yakin pada kemampuan diri sendiri. 

AYO BERLATIH

Sebutkan manfaat percaya diri !


Nabi saw. bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELAJARAN 10 PAI KELAS 1 SD SEMESTER II

 PELAJARAN 10 PERILAKU TERPUJI A. BERKATA YANG BAIK Allah perintahkan kita berkata baik, sopan, dan santun. Berkata yang baik adalah perilak...